Desain Rumah Mungil & Tata Ruang Rumah Mungil


Mungkin sebagian kita bertanya-tanya, apa itu rumah mungil. Jika berdasarkan artian kata dari orng awam, maka rumah mungil adalah rumah yang berukuran mini atau mungil atau kecil. Namun, dalam dunia desain Rumah, maka Rumah Mungil Punya Artian Tersendiri. Mungil atau tidaknya sebuah rumah berpenghuni, maka itu sifatnya relatif dan subjektif tergantung bagaimana kita memandang dan dari mana kita memandangnya. Jadi, sebuah rumah dikatakan mungil atau tidak tergantung pada penghuni dan kebutuhan ruangan yang dapat ditampungnya dalam rumah tersebut.

Dalam Dunia Desain Rumah, atau Arsitektur Desain Rumah Mungil adalah Sebuah Desain yang mana ukuran keseluruhan rumah tidak lebih dari 100 meter persegi, secara fisikly. Nah, Rumah yang berukuran dibawah 100 meter persegi bisa dikatakan sebagai sebuah rumah mungil. Pada desain interior rumah mungil, biasanya ukurannya standar, seperti ukuran kamarnya yang standar, ruang tamu yang standar dan sebagainya. Hal ini membuat para desainer interior rumah harus bekerja ekstra, memikirkan desain penataan ruang nan elegan untuk rumah mungil ini.

baca juga :   Tips Hemat Sebelum Membangun Rumah
Desain Rumah Mungil Terbaru 2016
Desain Rumah Mungil Terbaru 2016

Tata Ruang Rumah Mungil dan Desain Interiornya

Tata Ruang Desian Interior Rumah Mungil jauh lebih sulit dibandingkan dengan menata ruang untuk rumah mewah yang berukuran besar, karena pada tata ruang rumah mungil setipa meter perseginya memiliki nilai khusus yang harus dimanfaatkan oleh penata ruang tersebut. Penataan Ruang Rumah Mungil harus se efisien mungkin, dan seringkali pemanfaatan ruangnya dibuat fungsional atau sebuah ruangan yang seharusnya hanya memiliki satu fungsi, dalam rumah mungil bisa memiliki beberapa fungsi sekaligus.

baca juga :   Tips Bisnis Online Menggunakan Jasa SEO - Jasa SEO Murah

Pada Umumnya,karena ukurannya yang tidak terlalu luas, ruangan pada rumah mungil memiliki keterbatasan ruangan. Misalnya, kamar tidur utama pada rumah mungil hanya bisa berukuran 3 x 3 m, atau lebih sedikit. Kamar tidur ini benar-benar hanya bisa dimanfaatkan untuk ruangan tidur saja, khusus untuk istirahat.

Penataan Ruang dalam rumah mungil harus direncanakan sebagus mungkin, dan dicermati setiap inci kapasitas ruangannya. Namun, perlu diketahui bahwa semua itu juga harus memikirkan dari segi kesehatannya. Meski mungil dan kecil, rumah mungil harus memiliki sirkulasi udara yang lancar dengan pencahayaan yang baik, sehingga penghuni pun tetap sehat dan nyaman tinggal didalam rumah mungil tersebut.

baca juga :   Desain Kamar Mandi Konsep Natural Dengan Polesan Batu Alam

Nah, itulah ulasan singkat kami mengenai Desain Rumah Mungil dan Penataan Ruang yang efisien untuk Rumah Berukuran kecil. Anda bisa memanfaatkan setiap inci rumah untuk suatu hal yang bermanfaat, jika membutuhkan Jasa Penataan Ruang Rumah, anda bisa menghubungi para desainer interior rumah, agar mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.


Like it? Share with your friends!

Maya Saputri

Seorang Sarjana Ingusan Lulusan Jurusan Arsitek di Salah Satu Perguruan Tinggi di Indonesia, Mencoba memberikan informasi dan Contoh Desain Rumah yang Terbaru untuk pengunjung. Selain itu maya juga mencoba memberikan info Kalkukasi RAB untuk Pembangunan sebuah Rumah, Baik itu Rumah Sederhana, Rumah Mewah, Rumah Minimalis atau Villa sekalipun. Semoga Bermanfaat, Kritik dan Sarannya akan sangat maya Harapkan.. :)

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Saya sangat terkesan dengan artikel dan desain-desain yang ditampilkan. Saya mohon saran RAB dan desain untuk rumah saya dengan luas tanah 6×16, luas 96 m2. Saat ini sudah ada bangunan lantai 1 dan bagian belakang sudah di dak. Saya mau membangun di lantai 2 dengan melanjutkan pembangunan yang sudah ada.
    Terima kasih tim redaksi