Desain Interior Impian

Prinsip Dasar Dalam Mendesain Interior Rumah

Diposting pada

Desain interior,  Bila Andamengetahui prinsip-prinsip dasar desain interior Anda dapat mengubah setiap ruang dalam rumah anda menjadi terlihat luar biasa. Anda tentunya tahu bagaimana rasanya ketika Anda masuk ke sebuah ruangan yang dirancang dengan baik.

Desain Interior Terbaru

Anda bisa merasakan bagaimana segala sesuatu terasa kohesif dan disatukan. Rasanya tepat. Anda dapat mencapai efek yang di rumah Anda sendiridengan sedikit pengetahuan tentang prinsip-prinsip dasar desain interior.

Penggabungan antara pengetahuan dan praktek dalam berbagai eksperimen tentunya akan menciptakan suasana rumah anda menjadi lebih  indah.

Dalam desain interior, keseimbangan menciptakan rasa kesetaraan. Ini berkaitan dengan usaha untuk  menyamakan atau mendekati berat visual dari objek. Keseimbangan dibuat tidak hanya melalui bentuk, tapi melalui warna, polatekstur, dan juga.

Desain Interior Mewah

Simetris atau formal. ruang tradisionalatau formal biasanya mengkesankan keseimbangan simetris di mana ruang tersebutterbagi rata menjadi dua sisi yang mencerminkan satu sama lain. Sebagai contoh,dua kursi di kedua sisi meja tamu dapat dikatakan simetris seimbang.

baca juga :   Desain Interior Ruang Tamu Rumah Minimalis Modern

Jeniskeseimbangan ini dapat mudah dicapai dengan melakukan pengulangan padatiap-tipa sisi. Jika Anda tidak berhati-hati, jenis keseimbangan simetris dapat menjadi monoton dan membosankan.

Asimetris atau informal. Merupakan keseimbangan yang dicapai dengan memberikan penekanan visual pada garis, warna,bentuk dan tekstur yang bersebrangan tanpa membuat duplikasi yang tepat.

Desain Interior Impian

Berbeda dengan simetris, keseimbangan asimetris biasanya lebih komplek danmenarik. Misalnya sofa dapat diseimbangkan secara asimetris dengan menempatkan dua kursi di sisi lain.

Keseimbangan radial. dicapai ketika ada titikfokus sentral pada suatu unsur dan kemudian memancar dari atau di sekitarnya.Contohnya adalah sebuah meja makan bundar, dengan kursi yang diatur disekitarnya. Ada banyak pengulangan bentuk, warna, dan tekstur.

Seperti dalam musik, irama dalam desain adalah tentang menciptakan pola pengulangan dan kontras untuk menciptakan minatvisual. Anda dapat mencapai ini dengan menggunakan warna yang sama atau bentukpada interval yang berbeda.

baca juga :   Memilih Model Teras Rumah Minimalis

Tujuannya adalah untuk memindahkan pandangan anda di sekitar ruangan. Misalnya, Anda dapat membuat irama dengan menggunakan warnadalam bantal, mengambilnya dalam sebuah lukisan, dan bergema lagi di karpet.Pengulangan ini akan membantu membawa pandangan anda mengamati ke sekitar ruangan.

Desain Interior 2019

Harmony dibuat ketika semua elemen bertindak bersama-sama untuk menyampaikan satu pesan. Sama seperti irama dapat menciptakan kegembiraan, harmoni dapat menciptakan rasa nyaman.

Misalnya, Anda dapat menciptakan harmoni dengan menggunakan hanya satu warna, meskipun komponen ruang anda sangat bervariasi dalam bentuk, ukuran dan tekstur.

Sebuah ruang akan tampak membosankan ketika semua komponen yang tersebar tampak rata dan monoton. Anda perlu aksen yang menjadi daya tarik.

Ruang arsitektur sering memiliki tempat menarik seperti perapian atau jendela dengan pemandangan yang indah. Anda dapat menciptakan titik fokus dengan mengatur penataan furnitur di sekitarnya.

baca juga :   Pemanfaatan Lost Space Dibawah Tangga

Proporsi adalah perbandingan antaraukuran satu bagian ke yang lain, dan skala adalah bagaimana ukuran satu objek berkaitan dengan yang lain atau ke ruang di mana ia ditempatkan.

Orang Yunani kuno telah menciptakan rumus proporsi melalui Golden Section, yang berusaha untuk mengurangi segala perbandingan dengan rumus sederhana: Rasio bagian yang lebih kecil ke bagian yang lebih besar harus sama seperti yang dilakukan oleh bagian yang lebih besar untuk keseluruhan.

Desain Interior

Proporsi Golden Section bisa banyak kita temui di alam. Banyak seniman dan arsitek juga yang menerapkan prinsip proporsi  dalm karya-karyanya.

Jadi demikianlah prinsip dasar dalam desain interior. Prinsip ini merupakan intisari dalam bentuk konsep. Semoga bermanfaat untuk anda.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Ingusan Lulusan Jurusan Arsitek di Salah Satu Perguruan Tinggi di Indonesia, Mencoba memberikan informasi dan Contoh Desain Rumah yang Terbaru untuk pengunjung. Selain itu maya juga mencoba memberikan info Kalkukasi RAB untuk Pembangunan sebuah Rumah, Baik itu Rumah Sederhana, Rumah Mewah, Rumah Minimalis atau Villa sekalipun. Semoga Bermanfaat, Kritik dan Sarannya akan sangat maya Harapkan.. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *