rumah hemat energi Impian

Rumah Hemat Energi, Pasti Menyenangkan? Kalau Kita Bisa Tinggal Di Rumah Remat Energi

Diposting pada

Yang jelas, biaya yang harus kitakeluarkan untuk maintenance rumah bisa ditekan. Biaya yang tidak terpakai itubisa digunakan untuk mempercantik rumah atau pemenuhan kebutuhan yang lain.

rumah hemat energi minimalis

Dewasa ini apa-apa serba mahal. Bahkan tarif listrik pun semakin naik dari waktu ke waktu  Jika kita bisa memiliki sebuah rumah yang hemat energi pasti akan sangat menyenangkan.

Kita cukup beruntung karena tinggal didaerah tropis dengan dua musim.  Disinikita hanya mengalami musim penghujan dan musim kemarau.

rumah hemat energi Mewah

Ketika musim kemarau banyak orang yang menggunakan  AC untuk mengusir gerah,  sedangkan ketika musim penghujan mungkin kita bisa lebih menghemat karena tidak perlu menyalakan AC. Suhunya juga tidak sedigin musim dingin (salju) sehingga tidak memerlukan pemanas ruangan.

baca juga :   Tips Bagaimana Menentukan Warna Cat Dinding Rumah Agar Terlihat Cantik

Berbeda dengan di daerah Barat yang memiliki4 musim, mereka lebih boros menggunakan energi listrik. Pada saat musim panasmereka membutuhkan pendingin ruangan dan pada saat musim dingin  mereka membutuhkan pemanas ruangan. Wah jadiboros listrik dong ya.

rumah hemat energi Impian

Nah, kalau disini kebanyakan kita hanya menggunakan AC. Jarang ada rumah yang menggunakan pemanas ruangan.

Manfaatkan pencahyaan pada siang hari dengan seoptimal mungkin.  Meskipun anda berada di dalam rumah, usahakan agar mendapatkan peneranan tetap cukup dari sinar matahari di luar. Ciptakan ruang-ruang dengan jendela yag lebar sehingga memungkinkan sinar matahari untuk masuk. Dengan demikian anda tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari karena sudah tercukupi oleh sinar matahari.

Penataan lampu yang tepat juga berpengaruhpada sedikit banyaknya energi yang harus dikeluarkan. Ini kaitannya dengandesain perencanaan titik lampu. Tentukan titik lampu secara tepat agarmenghasilkan sebaran sinar lampu yang merata.

baca juga :   Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis

rumah hemat energi Idaman

Setelah anda menentukan titik lampu secara benar, maka anda perlu juga memilih lampu hemat energi agar tujuan penghematan ini bisa semakin tercapai. Harga lampu hemat energi memang lebih mahal dari lampu biasa. Tapi jika anda melakukan hitung-hitungan secara cermat maka untuk jangka panjang menggunakan lampu hemat energi tetap lebih menghemat biaya.

Bukan hanya makhluk hidup, rumah pun perlu bernafas. Tujuannya bukan agar rumah itu bisa bertahan hidup tetapi agar penghuni didalamnya merasa nyaman dan sehat. Jika anda memasang ventilasi dengan benar maka aliran udara alami dari luar akan masuk dan keluar dengan lancar. Udara yang pengap dan panas dari dalam rumah akan tergantikan dengan udara yang sejuk dan bersih. Pada ruangan yang sejuk kita tidak akan memerlukan AC.

baca juga :   Desain Taman Halaman Depan Minimalis Modern

Gaya hidup anda juga menentukan tercapaiatau tidaknya sebuah rumah yang hemat energi. Jika dirumah banyak terdapatperlatalan yang harus menggunakan listrik tentu akan memicu boros energi. Tapijika memang anda sangat memerlukannya maka pilihlah peralatan  dengan pemakaian listrik yang hemat energi.

rumah hemat energi

Demikianlah cara membuat desain rumah yang hemat energi. Memang diperlukan perencaan yang matang dalam mendesain dan diikuti dengan langkah memilih dan pemanfaatkan peralatan yang hemat energi. Rumah yang hemat energi tidak hanya akan menghemat uang anda tetapi juga lebih ramah terhadap lingkungan.

Gambar Gravatar
Seorang Sarjana Ingusan Lulusan Jurusan Arsitek di Salah Satu Perguruan Tinggi di Indonesia, Mencoba memberikan informasi dan Contoh Desain Rumah yang Terbaru untuk pengunjung. Selain itu maya juga mencoba memberikan info Kalkukasi RAB untuk Pembangunan sebuah Rumah, Baik itu Rumah Sederhana, Rumah Mewah, Rumah Minimalis atau Villa sekalipun. Semoga Bermanfaat, Kritik dan Sarannya akan sangat maya Harapkan.. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *