Tips Hemat Sebelum Membangun Rumah


Dana merupakan sesuatu yang sudah sering menjadi kendala bagi kebanyakan orang untuk dapat mempunyai hunian idaman. Bagi anda yang ingin membangun rumah, tentu harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Membangun rumah itu membutuhkan biaya yang bisa dikatakan tidak sedikit. Apalagi jika yang dibangun adalah rumah mewah, pasti biayanya pun semakin banyak. Ingin tahu bagaimana cara menghemat biaya untuk membangun rumah minimalis? di bawah ini kami sampaikan tipsnya untuk anda :

  1. Merencanakan denah rumah
baca juga :   Paket Wisata Bromo - Wisata Bromo

Sebuah denah rumah dapat mempengaruhi besar kecilnya biaya pembangunan rumah. Oleh karena itu, renrencanakan denah untuk bentuk rumah anda. apakah denah rumah anda berbentuk persegi, persegi panjang atau melengkung. Untuk rumah yang berbentuk melengkung akan menghabiskan dana yang lebih banyak dalam pembangunannya.

  1. Pastikan ukuran bangunan

Anda dapat mengetahuinya dengan cara mengukur area yang akan ada dirikan sebuah rumah. Usahakan anda membuat ukuran yang sesuai dengan ukuran kelipatan dari bahan bangunan. Misalkan : untuk besi baja idealnya adalah ukuran 6 atau 9 meter. Maka ukuran panjang atau lebar bangunan yang akan anda buat nanti lebih baik sama dengan ukuran besi baja tersebut. Tujuannya adalah agar tidak ada bahan bangunan yang terbuang sia-sia. Semua bisa dipasang dengan pas sehingga biaya pembangunan rumah pun dapat lebih efisien.

  1. Pilih lokasi yang datar
baca juga :   Mengelilingi Tempat Wisata Bersama Rental Mobil Cirebon - Tour Cirebon

Lokasi pembangunan rumah juga mempengaruhi besar kecilnya biaya yang akan anda keluarkan untuk membangun sebuah hunian. Usahakan anda tidak memilih lokasi yang miring. Apabila lokasi yang anda pilih adalah bukan lokasi yang datar, maka anda harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk biaya meratakan lokasi pembangunan tersebut.

  1. Gunakan material bangunan produk local

Dianjurkan bagi anda yang ingin menghemat biaya pembangunan rumah agar menggunakan bahan bangunan produk local. Kelebihan material bangunan produk local adalah biayanya lebih murah dan barangnya mudah untuk didapatkan. Contoh material bangunan produk local adalah bambu dan batu sungai.

baca juga :   Pantai Kuta Bali - Wisata Bali

Like it? Share with your friends!

Maya Saputri

Seorang Sarjana Ingusan Lulusan Jurusan Arsitek di Salah Satu Perguruan Tinggi di Indonesia, Mencoba memberikan informasi dan Contoh Desain Rumah yang Terbaru untuk pengunjung. Selain itu maya juga mencoba memberikan info Kalkukasi RAB untuk Pembangunan sebuah Rumah, Baik itu Rumah Sederhana, Rumah Mewah, Rumah Minimalis atau Villa sekalipun. Semoga Bermanfaat, Kritik dan Sarannya akan sangat maya Harapkan.. :)

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *